Jumat, 08 Juli 2011

Install and Enable SNMP Service in Windows XP

SNMP (Simple Network Management Protocol) adalah sebuah protokol internet yang digunakan dalam sistem manajemen jaringan untuk memonitor perangkat Network Attached seperti komputer, server, router, switch, gateway, jalur akses nirkabel, telepon VoIP, dan lain-lain. SNMP manajemen menyediakan data dalam bentuk variabel pada sistem yang dikelola, yang menjelaskan konfigurasi sistem parameter atau nilai status. Variabel tersebut kemudian dapat membaca dan bertanya (atau kadang-kadang mengatur atau menulis) dengan cara mengelola aplikasi. Sistem Windows XP, Vista atau 2003 tidak menjalankan layanan SNMP secara default, sehingga user perlu menginstal secara manual dan mengaktifkan layanan SNMP.
Perlu diketahui bahwa Anda harus logon sebagai administrator atau anggota grup Administrators untuk menyelesaikan prosedur ini. Jika komputer Anda terhubung ke jaringan, pengaturan kebijakan jaringan juga dapat mencegah Anda menyelesaikan prosedur ini.
  1. Pada Windows XP dan Windows 2003, klik tombol Start, lalu pergi ke Control Panel dan jalankan Add or Remove Programs. Pada Add or Remove Programs dialog, klik Add / Remove Windows Components untuk membuka Windows Components Wizard
  2. Pada Components of Windows XP and 2003, click on the Management and Monitoring Tools (pastikan tidak memilih atau clear, dengan mencentang kotak pilihan anda dapat merubah pilihannya), kemudian klik Details.
  3. Pilih dan centang kotak centang Simple Network Management Protocol atauSNMP feature
  4. Klik OK. Juga klik Next . Layanan SNMP akan diinstal pada sistem. Anda mungkin perlu memasukkan Windows setup CD / DVD disc ke optical drive
  5. SNMP akan dimulai secara otomatis setelah instalasi.  Tetapi dianjurkan untuk memverifikasi status layanan dari Layanan di Control Panel, dan jika sudah berhenti, Anda dapat memulai layanan SNMP dari sana
Dua layanan baru akan dibuat:
  1. SNMP Service yang merupakan mesin utama dengan agen yang memantau kegiatan di perangkat jaringan dan melaporkan informasi ke konsol pemantauan workstation.
  2. SNMP Trap Service yang menerima pesan trap yang dihasilkan oleh lokal atau SNMP agen dan meneruskan pesan ke manajemen SNMP program yang berjalan pada komputer ini.
Windows tidak assign string community apapun ke layanan SNMP secara default, dan juga hanya membolehkan akses dari localhost atau perangkat lokal.  Konfigurasi lebih lanjut diperlukan untuk menambahkan string community yang diinginkan, yang bertindak sebagai password untuk memberikan membalas permintaan dari SNMP sistem remote.
Cara Konfigurasi SNMP Service (Tambahkan “public” community string)
  1. Klik pada tombol Start, lalu pergi ke Control Panel.
  2. Buka Administrative Tools.
  3. Jalankan Services applikasi.
  4. Cari dan klik kanan pada SNMP Service, kemudian pilih Properties.
  5. Dalam Layanan SNMP Properties window, klik pada tab Traps.
  6. In the “Community name” text box, enter public or any other case-sensitive SNMP community name to which this computer will send trap messages. Dalam “community name” kotak teks, masukkan public atau sesuai dengan community name yang anda inginkan.
  7. Klik pada tombol Add to list.
Bagaimana mengkonfigurasi Security untuk SNMP Service untuk Community
  1. Lanjutkan dari langkah-langkah di atas, klik pada tab Security. Jika Anda sudah menutup jendela SNMP Service Properties window, bukalah kembali.
  2. Pada “Accepted community names”, klik tombol Add.
  3. Pilih tingkat izin yang sesuai bagi community string “Community rights” daftar drop-down untuk menetapkan bagaimana proses host SNMP permintaan dari community yang dipilih.READ ONLY Biasanya dianjurkan.
  4. Dalam “Community Name” box, ketik public atau nama community yang Anda inginkan.
  5. Klik pada tombol Add.
  6. Agar layanan SNMP untuk menerima dan menerima permintaan SNMP paket-paket dari semua host di jaringan, termasuk host remote eksternal tanpa identitas, klik Accept SNMP packets from any host. Untuk membatasi penerimaan paket SNMP, klik Accept SNMP packets from these hosts,kemudian klik Add, dan kemudian ketik nama host yang sesuai, alamat IP atau IPX dalam nama Host, alamat IP atau IPX kotak. . Anda dapat membatasi akses ke host lokal atau server terbatas hanya dengan menggunakan pengaturan ini. klik tombol Add lagi untuk finish
Klik OK setelah selesai.  Perhatikan, Anda mungkin perlu reboot agar pengaturan tersebut berjalan.
semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar