Jumat, 08 Juli 2011

DOS Emulator Untuk Windows XP

Sebelum hadirnya lingkungan penuh grafis Windows, DOS adalah leluhur yang tidak bisa dilupakan atas kesuksesan berbagai versi Windows yang selama ini ditawarkan. Menggunakan baris perintah untuk mengeksekusi sebuah program atau game, pengguna mesti fasih dengan perintah baik internal maupun eksternal command.
DOSBox adalah sebuah DOS emulator untuk Windows XP, utility kecil yg bisa membuat kita bergaming game atau menjalankan program Under DOS di sistem operasi Windows XP.
DOSBox bisa didownload secara gratis karena merupakan DOS emulator open source. Ketika DOSBox sudah diinstal, akan ada shortcut baru yang nampak di Desktop sehingga launching programnya akan lebih mudah. Tinggal double-click maka akan muncul welcome screen dan petunjuk baru, tapi lebih baik buka file readme yg tersimpan bersama-sama saat instal.


selanjutnya sebuah direktori baru Z:\> akan menjadi direktori virtual. Untuk menggantinya ke direktori C, kita mesti menciptakan folder baru bernama DOSapps di direktori C:. Pindahkan semua program dan game jadul ke folder C:\DOSApps, Setelah itu, di command prompt kita tinggal memberikan perintah mount disk seperti halnya yang biasa dipakai di Linux OS.


Ketikkan baris command line di command prompt dengan syntax:
mount c c:\DOSApps
Nah, seluruh program dan game jadul / kuno akan nampak hadir, dan ketikkan nama file yg ingin kita mainkan, misalnya DIGGER.EXE.


semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar