Jumat, 04 November 2011

Mengubah setting waktu dan tanggal pada Postfix Mail

Ada kejadian menarik pada mailserver saya, hari ini Jumat tanggal 04 November 2011 saya mencoba mengirim email ke email saya yang satu nya lagi, dan secara tidak sengaja saya melihat tanggal diterima nya. Yang membuat saya agak terhenyak adalah tanggal diterima email tersebut 05 November 2011. Bagaimana bisa wong saya ngirimnya hari ini, diterima waktu itu juga, kok di received date nya tanggal 5 yang berarti besoknya...haha. Ah ada kesalahan waktu mailservernya nih, pikirku. Setelah masuk ke mailserver, saya lihat tanggalnya, sudah benar, tanggal mailserver sudah menunjukkan 04 November 2011. Terus kenapa ya? Setelah diselidiki ternyata itu adalah konfigurasi postfix yang mengacu pada timezone data. Dan saya pun melakukan jurus2 berikut:

dpkg-reconfigure tzdata

nanti akan keluar dialog seperti berikut: 



Berhubung saya berada di wilayah Indonesia saya akan memilih Asia, kemudian pilih Jakarta



pilih OK, kemudian setting waktu dan tanggal seperti yang dikehendaki, seperti pada postingan saya sebelumnya

dan setelah itu, saya mencoba mengirim email kembali, dan tanggal nya sudah sesuai :)

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar